Beranda arrow INFO Torch arrow Ibu Hamil: Jauhi Minuman Bersoda
Newsflash
JADWAL PRAKTIK
AQUATREAT 2012
 
 
Read more...
 
Menu Utama
Beranda
INFO Torch
News
Kesaksian
Jadwal Praktik
Kontak Kami
Menu Religi
Buletin Tarbiyah
Dakwah
Komentar Terbaru
Epilepsi, Bagaimana Jalan...
Operasi
Adik saya usia 5 tahun pernah jatuh...
30/01/12 03:49 Selengkapnya...
Oleh: Ephron

Jadwal Praktik 2012
lahir tanpa tempurung kepala
ass.. nanya pak, ada nggak hubungannya...
27/01/12 22:22 Selengkapnya...
Oleh: anggraini marsyal

Jadwal Praktik 2012
telah ada di Semarang
Terima kasih telah membuka praktek di...
23/01/12 21:47 Selengkapnya...
Oleh: Heri Stiyawan

9 Tahun Menanti Buah Hati
pertanyaan tentang epilepsi
Assalmualikum Ir.H.A. Juanda saya...
23/01/12 01:21 Selengkapnya...
Oleh: Ahmad Hanif

Dokter Memvonis Aku,...Tak...
semangat buat ibu
Allahuakbar..... ibu sungguh tegar...
18/11/11 22:28 Selengkapnya...
Oleh: arisna_kalimantan

Jadwal Terbaru
No events

Ibu Hamil: Jauhi Minuman Bersoda PDF Print E-mail
Saturday, 14 August 2010
 

Ibu Hamil: Jauhi Minuman Bersoda atau Bayi Berisiko Lahir Prematur

Sample Image

REPUBLIKA.CO.ID, Para Ibu yang kerap menenggak minuman ringan bersoda mengandung pemanis buatan mengalami risiko besar melahirkan bayi prematur. Riset yang didanai oleh Uni Eropa  (UE) mengungkap hubungan antara jumlah minuman yang dikonsumsi dengan kelahiran dini di antara 60 ribu wanita yang diikutkan dalam penelitian.

Kini, banyak wanita mulai abai dan mengganti gula asli dalam minuman dengan pemanis buatan atas anggapan itu pilihan lebih sehat. Namun, studi menyatakan bahwa minuman berpemanis buatan, seperti aspartam, membawa bahaya bagi bayi dalam kandungan.

Beberapa pakar kesehatan publik di Inggris menyarankan para calon ibu yang tengah hamil untuk menghindari makanan dan minuman mengandung bahan kimia.

Memang sangat jarang terjadi kasus kelahiran dini dibawah usia kehamilan 37 minggu dalam kehamilan norman. Namun periset UE menemukan, risiko rendah itu akan meningkat 38 persen begitu sang ibu mulai sering mengonsumsi minuman soda dalam kaleng. Apabila tingkat kekerapan konsumsi minuman soda sekitar satu kaleng per hari, maka risiko akan meningkat hingga 78 persen.

Namun, periset, dalam laporan yang ditulis di jurnal kesehatan, American Society for Clinical Nutrition, menyatakan risiko kehamilan tidak ada hubungan dengan minuman bergula asli. Mereka menyatakan terpaparnya ibu hamil dengan methanol, yang berada di beberapa jenis pemanis buatan, bisa jadi berperan penting mendorong kelahiran prematur.

Kritikus pemanis buatan juga menyatakan methanol sudah lama dikenal sebagai racun syaraf yang dapat membentuk asam format di dalam tubuh. Ia juga dapat memicu terbentuknya formaldehida, alias formalin, bahan kimia untuk pengawet mayat.

Dalam sejarah juga dicatat, sakarin dalam pemanis tak kalah berbahaya. Bahan ini diidentifikasi dapat terkumpul di plasenta.

Pemimpin riset, Thorhallur Ingi Halldorson, mengatakan riset ini dapat berguna mengidentifikasi kelompok ibu yang kerap mengonsumsi pemanis macam tadi. Mereka disarankan untuk membatasi dan bila perlu menghindari.

Sementara, pakar kesehatan masyarakat, Erik Millstone, guru besar dari Universitas of Sussex berkata, "Saya akan katakan, untuk alasan kehati-hatian perlu bagi wanita hamil untuk benar-benar menghindari minuman macam ini dan juga makanan yang mengandung pemanis buatan."

Tentu saja riset itu diterima berbeda oleh para produsen minuman bersoda. "Studi ini benar-benar menghasilkan reaksi yang perlu disikapi hati-hati." komentar Asosiasi Minuman Ringan Inggris. "Penemuan itu seharusnya tidak perlu dilebih-lebihkan."

Sumber: http://www.republika.co.id

   
Kirim ke teman
Artikel yang berhubungan

Users' Comments  
 

Average user rating

   (0 vote)

 


Add your comment
Name
E-mail
Title  
 
Comment
 
Available characters: 600
   Notify me of follow-up comments
  Mathguard security question:
67W          4       
  K    O    AE    DQE
  P   5BE    3       
  A    H     3    1E7
  F         37Y      
   
   

No comment posted



mXcomment 1.0.6 © 2007-2012 - visualclinic.fr
License Creative Commons - Some rights reserved
< Prev   Next >